Kamis, 20 Oktober 2011

pengertian ekonomi koperasi

Pengertian Ekonomi Koperasi

nama    : Dea Dara Mutia
kelas    : 2EB17
npm     : 21210711
tugas 1 :

a. Koperasi menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 1 merupakan usaha kekeluargaan dengan tujuan mensejahterakan anggotanya.
b. Koperasi menurut wikipedia ensiklopedia adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip koperasi juga sebagai penigkatan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
Koperasi menurut para ahli :
c. D.e .taylor, koperasi merupakan kumpulan orang orang yang bersifat sosial dalam rangka pemenuhankebutuhan hidup sehari hari.
d.Dr margareth, koperasi suatu bentuk kerjasama yang didalamnya tersirat unsur unsur tolong menolong
d.Dr moh hatta, suatu bentuk usaha yang sifatnya tolong menolong terutama dalam menjalankan kesejahteraan anggota anggotanya.
e.Drs. A. Chaniago memberikan definisi koperasi sebagai suatu perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang memberi kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota dengan bekerja sama  secara kekeluargaan menjalankan usaha, untuk mempertinggi kesejahteraan para anggotanya.
f. Hans H. Muenkner dalam arti ekonomiKoperasi adalah organisasi ekonomi yang anggotanya memiliki sekurang-kurangnyasatu kepentingan ekonomi yang sama, bermotivasi swadaya dalam perusahaanyang dibiayai dan diawasi bersama dengan sasaran meningkatkan kemajuanperusahaan rumah tangga anggota (promosi anggota). 
g. Paul Hubert Casselman “Cooperation is an economic system with social content”.

Artinya koperasi harus bekerja menurut prinsip-prinsip ekonomi denganmelandaskan pada azas-azas koperasi yang mengandung unsur-unsur sosial di dalamnya.Unsur sosial yang terkandung dalam prinsip koperasi lebih menekankan kepada hubungan antar anggota, hubungan anggotadengan pengurus, tentang hak suara
h. UU Koperasi
  1. No. 25 Tahun 1992 (Perkoperasian Indonesia)
Koperasi adalah Badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang beradasarkan atas dasar asas kekeluargaan.
2.no.14/65 organisaasi ekonomi sebgai alat revolusi untuk mendobrak tempat persemaian sebagai wahana sosialisme manusia.
3. no.12/67 organisasi masih bersifat watak sosial dari gerakan ekonomi rakyat dengan azas kekeluargaan.yang paling representatif dianggap.
  • Jadi kesimpulan pengertian ekonomi koperasi menurut saya adalah suatu badan usaha yang terdiri atas anggota-anggotanya dimana usaha tersebut menggunakan sistem kebersamaan atau kekeluargaan untuk mencapai kesuksesan dan kesejahteraan antar anggotanya tanpa ada pihak yang dirugikan , koperasai juga memberikan kebebasan anggota untuk keluar masuk di badan usaha koperasi ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar